Implementasi Pemberian Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Pada Siswa MA Muallimin Muhammadiyah Makassar

  • Ana Fitriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sandi Pratama Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukiana Novianti Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: layanan bimbingan karir, perencanaan karir

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peran dan implementasi layanan bimbingan karir dalam memberikan dampak terhadap perencanaan karir siswa di MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru BK, menyampaikan bahwa sebagian besar siswa belum memahami terkait urgensi perencanaan karir. Siswa berpendapat bahwa tugas di sekolah hanya untuk belajar dan belum saatnya untuk menyusun perencanaan karir untuk masa depannya. Namun, hal tersebut nampaknya keliru. Pada dasarnya, siswa XI harus telah mampu menentukan karir untuk masa depannya agar dapat menyusun perencanaan sesuai dengan karir yang dipilihnya. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada model ini, membagi prosedur menjadi dua siklus. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah diberikan pemberian layanan dengan menerapkan dua siklus. Dengan meningkatkan kemampuan kognitif tersebut, membuat siswa dapat lebih efektif dalam membantu siswa untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad. 2019. The effect of career information service on improving students’ career Understanding, Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 5 (2) 97-103.

Darmiati, D., Binasar, S.S., dan Silondae, D.P. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perencanaan Karir Siswa SMKN 1 Kendari. Jurnal Ilmiah Belajar Bimbingan dan Konseling.

Farida, F., Sobari, T., dan Irmayanti, R. 2020. Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik di SMA. Fokus: Jurnal Mahasiswa IKIP Siliwangi. 3 (5) 164-170.

Putro, Hijrah Eko., dan Japar, Muhammad. 2021. Penerapan Layanan Informasi Karir Berbasis Media Interaktif Inovativ (Mii) Terhadap Keputusan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6 (2) 58-65.

Ratna, Nimatul Rohma. 2023. Perencanaan Karir Siswa SMA: Tinjauan Literatur Yang Sistematis. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam. 3 (1) 50–60.

Yusi, A. Novianti., Rakhmawati, D., dan Lestari, F. Wahtu. 2021. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMAN 1 Moga. G. Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6 (1).

Published
30-11-2023
How to Cite
Ana Fitriani, Sandi Pratama, & Rukiana Novianti. (2023). Implementasi Pemberian Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Pada Siswa MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 1145-1152. https://doi.org/10.58230/27454312.964