Nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Elong Peondo Mandar Bagi Anak Prasekolah Dasar

  • Suddin Bani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene
  • Aan Setiawan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene
  • M. Idris Hasanuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
Keywords: Pappasang Elong Peondo, Nilai Pendidikan Islam

Abstract

Faktor utama yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengkaji konstruksi nilai pappasang pada elong peondo serta irisannya dengan nilai pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-intrepretatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yaitu penelitian untuk menafsirkan tanda dan teks yang berkaitan dengan data tentang Pappasang dan Elong Peondo Mandar. Analisis tersebut digunakan untuk menemukan intrepetasi terhadap gambaran tentang nilai pendidikan Islam dalam pappasang dan elong peondo Mandar. Konstruksi nilai pappasang pada elong peondo bagi anak pra sekolah dasar bahwa seorang ibu atau nenek dalam hal ini orang tua melalui lantunan syair dan pesan yang mengandung harapan serta motivasi yang positif dan keyakinan yang kuat bahwa seorang anak harus bekerja keras untuk meraih sebuah kesuksesan. Pesan selanjutnya adalah kesuksesan itu harus diusahakan dengan sungguh-sungguh karena tidak ada kesuksesan yang datang dengan sendirinya, tetapi justru harus diupayakan dengan kerja keras.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Muthalib. (1985). Pappasang dan Kalindaqdaq (Naskah Lontara Mandar). Makassar: Balai Penelitian dan Pengkaijian Kebudayaan Sulawesi Selatan.

Anggini Sudono. (1991). Pedoman Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Arifin Muzayyin. (2015). Filsafat Pendidikan Islam,. Cet Ke 9. Jakarta: Bumi Aksara.

Fachruddin dan Ambo Enre. (1981). Sastra Lisan Bugis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departmen Pendidikan daan Kebudayaan.

Herman H. Horne. (1962). “‘An Idealistic Philosophy of Education’, dalam Philosophies of Education.” Hal. 140 in. Chicago: University of Chicago Press.

Ilyas, Husnul Fahima. (2019). “Nilai-Nilai Luhur dalam Pappasang Masyarakat Mandar.” Pusaka : Jurnal Khazanah Keagamaan 7(Vol. 7, No. 2).

Mortimer J. Adler. (1962). “‘In Defense of The Philosophy of Education’, dalam Philosophies of Education.” Hal. 209 in, diedit oleh Part. I. Chicago: University of Chicago Press.

Mustafa. (2011). Imajinasi dalam Penciptaan Elong.

Sabriah. (2012). “Potensi Pappaseng To Riolo sebagai Pembentuk Keperibadian Masyarakat Bugis.” Sawerigading 18(3):477–84.

Setiawan Deddy. (2013). Topole di Balitung “Nyanyian Rakyat Daerah Mandar Versi Saiful Sindrang (Suatu Analisis Musik dan Lagu.

Soemiarti Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Soerjono Soekanto. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Published
03-11-2023
How to Cite
Suddin Bani, Aan Setiawan, & M. Idris Hasanuddin. (2023). Nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Elong Peondo Mandar Bagi Anak Prasekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 1103-1112. https://doi.org/10.58230/27454312.454