AR-Learning: Media pembelajaran berbasis Mobile dengan Visualisasi 3 Dimensi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa

  • Arini Dina Yasmin Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Yoto Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Mobile, 3-Dimensi, Augmented Reality, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis mobile dengan visualisasi 3D dalam pembelajaran. Pengaruh tersebut ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya pemahaman terhadap materi abstrak dalam pengenalan alat jaringan komputer. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa studi literatur dan metode eliminali PICO untuk menentukan inklusi dan ekslusi artike. Sumber literatur yang digunakan berasal dari portal pengindeks Google Scholar, Sinta, Garuda dan lain-lain. Peneliti mendapatkan 11 referensi terkait tujuan penelitian mulai tahun 2020 hingga 2023. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penggunaan augmented reality dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep, meningkatkan minat belajar, meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan berpikir kritis siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amalia, N. R., Sihotang, I. P., Nurhayani, N., & Sam, S. R. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 7(1), 41–51. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.2914

Angraini, L. M., Alzaber, A., Sari, D. P., Yolanda, F., & Muhammad, I. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Augmented Reality-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3533–3544. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5968

Astuti Salim, & Vrita Tri Aryuni. (2022). Penggunaan Prinsip Recycle di Media Pembelajaran 3D untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Tata Surya. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 949–956. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.698

Cahyaningrum, R., Junaedi, I., & Ichwan, H. (2022). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Android. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 2(4), 337–346. https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v2i4.918

Gaol, A. F. L., Azizahwati, & Zulhelmi. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented Reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai , 14190–14199.

Hasibuan, H. Y., Syarifudin, E., Suherman, & Santosa, C. A. H. F. (2023). Ethnoscience as the Policy Implementation of Kurikulum Merdeka in Science Learning: A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 366–372. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4500

Hutahaean, H. D., Ramadhan, L. N., Maulana, B., Silitonga, M., & Isnaini, M. (2023). Aplikasi Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Teknologi Augmented Reality. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 10(1), 56–63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46488

Kemendikbud. (2022). Dasar Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/smk/dasar-dasar-teknik-jaringan-komputer-dan-telekomunikasi/fase-e/

Kusumawati, A. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMKN 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 8(1).

Mashami, R. A., Khaeruman, & Ahmadi. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 67–77. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/

Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Irawati, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. Publiciana, 16(1).

Mulyanto, T. N. H. P., & Hery Yoenanto, N. (2022). Kesiapan Guru Menuju Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Ditinjau dari Komponen TPACK. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Pemulihan Psikososial Dan Kesehatan Mental Pasca Pendemi.

Muntari, Burhanuddin, I Nyoman Loka, Mukhtar Haris, & Aliefman Hakim. (2022). Pendampingan Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA/MA/SMK Yayasan Pondok Pesantren Darussholihin NW Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 323–328. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1464

Murfi, M. S., & Rukun, K. (2020). Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Augmented Reality Perangkat Jaringan Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 69–76. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.702

Nusroh, H., Khalif, M. A., & Saputri, A. A. (2022). Developing Physics Learning Media Based on Augmented Reality to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Physics Education Research Journal, 4(2), 23–28. https://doi.org/10.21580/perj.2022.4.1.10912

Ohy, M., Takarina, C., Manoppo, M., & Parinsi, M. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X TKJ SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 528–541.

Pratiwi, A. D., Hatta, P., & Efendi, A. (2021). Studi Kelayakan Trainer Jaringan Komputer Sebagai Media Belajar Pada Praktikum Jaringan Komputer Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 14(1), 25. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.17662

Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 667. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715

Sabirin, F., Mustofa, M., & Sulistiyarini, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Untuk Mata Kuliah Geologi Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(1), 57–70. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3607

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a

Sylvia, F., Ramdhan, B., & Windyariani, S. (2020). Efektivitas Augmented Reality Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Biologi. BIODIK, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13034

Published
27-11-2023
How to Cite
Yasmin, A. D., & Yoto. (2023). AR-Learning: Media pembelajaran berbasis Mobile dengan Visualisasi 3 Dimensi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 751-760. https://doi.org/10.58230/27454312.296