Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Metode Visual, Auditory, Reading/Write And Khinesthetic (VARK) di Madrasah Ibtidaiyah

  • Khusnul Fatima Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Hartono Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Nurhayati Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muhammad Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
Keywords: Bahan Ajar Akidah Akhlak, Vark (Visual, Auditory, Reading/Write And Khinesthetic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Gambaran bahan ajar Aqidah Akhlak Kelas 1 yang digunakan pada saat ini, 2) Menghasilkan bahan ajar Aqidah Akhlak yang valid, 3) Menghasilkan bahan ajar Aqidah Akhlak yang praktis, dan 4) Menghasilkan bahan ajar yang Aqidah Akhlak yang efektif. Dengan prosedur penelitian model Borg and Gall, yang telah disederhanakan menjadi empat langkah yaitu terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap mendesain, tahap pengembangan dan tahap uji coba produk. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar yang berupa buku teks Akidah Akhlak berbasis VARK dengan hasil uji validitas, diperoleh skor penilaian 92 dari skor maksimal 104 dengan tingkat persentase kevalidan 88,5%, dari validator pertama. Hasil ini diperoleh dari empat aspek penilaian yaitu isi, kebahasaan,penyajian, dan kegrafikan, dengan indikator penilaian sebanyak 26 butir pernyataan. Adapun hasil validasi dari validator kedua dengan skor perolehan 101 dari jumlah skor maksimal 104, dengan persentase tingkat kevalidan 96,2%, dengan nilai rata-rata penilaian adalah 96,5. Sehingga buku produk dinyatakan sangat valid. Selanjutnya uji kepraktisan dengan skor perolehan 71 dari skor maksimal 76 terhitung dari 19 butir pernyataan, dengan persentase tingkat kepraktisan adalah 93,5% yang diperoleh dari praktisi. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji kepraktisan peserta didik adalah skor 1.472 dari skor maksimal 1.620, persentase tingkat kepraktisan 91% dengan nilai rata-rata 90. Sehingga produk buku teks dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Terkhir hasil uji keefektifan, yang memperoleh hasil dari 22 peserta didik yang diberikan soal post tes, sebanyak 15 orang peserta didik memperoleh hasil yang sangat tinggi dengan persentase 69%, sedangkan 6 orang memperoleh nilai tinggi dengan persentase 27% , dan 1 diantaranya memperoleh nilai sedang dengan persentase 4%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Kementerian Agama RI. Al-Qur’anul Karim.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Kajian Buku Teks dan Pengayaan. (Jakarta).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (Direktotat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah).

Kurniawan, Asep, dkk. “ Sistem Pakar Identifikasi Modalitas Belajar Siswa”, (Jurnal Resti, Vol.3. No.3.2019).

Mashudi, Kojin. 2019. Telaah Tafsir Al-Muyassar. (Malang: Integensi Media).

Ratih, Mustika. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Model VARK di Kelas 1 Sekolah Dasar”. (Tesis Universitas Negeri Padang, Tahun 2018).

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah, Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Shihab, M.Quraish. 1992. Membumikan Al-Quran Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. (Bandung: Mizan).

Sugiono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. (Cet.2, Bandung: Alfabeta).

Published
03-11-2023
How to Cite
Khusnul Fatima, Hartono, Nurhayati, & Iqbal, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Metode Visual, Auditory, Reading/Write And Khinesthetic (VARK) di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 417-430. https://doi.org/10.58230/27454312.229