Pengembangan Lembar Kerja Siswa Subtema Sumber Energi Berbasis Ayat-ayat Al-Qur'an pada Siswa Kelas IV MI Datuk Sulaiman

  • Nurul Fadilah Fadilah
  • Mardi Takwim IAIN Palopo
  • Mirnawati IAIN Palopo
Keywords: Pengembangan, Berbasis Ayat-ayat Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan LKS, merancang LKS, mengetahui kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa Subtema Sumber Energi Berbasis Ayat-ayat Al-Quran pada Siswa Kelas IV MI Datuk Sulaiman Palopo. Penelitian ini berjenis R&D yang berfokus pada pengembangan dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa MI Datuk Sulaiman Palopo. dan objeknya adalah LKS subtema sumber energi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Dari hasil analisis kebutuhan bahwa pendidik MI Datuk Sulaiman Palopo belum menggunakan LKS berbasis ayat-ayat Al-Qur’an saat proses pembelajaran untuk itu peneliti mengembangkan dan menghasilkan LKS subtema sumber energi berbasis ayat-ayat Al-quran sebagain alat bantu dalam belajar. LKS yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh 3 ahli diantaranya ahli materi/desain, ahli bahasa, dan ahli keagamaan. Kemudian hasil kevalidasi dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah direkapitulasi dengan hasil sangat valid. Hasil kevalidan oleh ahi bahasa 81,25%% (Valid), hasil kevalidan oleh ahli materi 83,33%  (valid), dan hasil kevalidan oleh ahli keagaaman 81,25% (valid). Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba produk untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk memperoleh rata-rata sebesar 89,61% (sangat praktis)

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Mardi Takwim, IAIN Palopo

 

 

Mirnawati, IAIN Palopo

 

 

References

Agama, Kementerian. 2018. Al-Qur’an Al-Karim. Bogor: Unit Percetakan Al-Qur’an.

Ananda, Rusydi and Abdillah. 2018. Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip, Dan Model. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. Medan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Andromeda, Fadhillah. 2020. “Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Virtual Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA / MA.” JEP 4, No.2 (November).

Published
24-03-2023
How to Cite
Fadilah, N. F., Takwim, M., & Mirnawati. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Subtema Sumber Energi Berbasis Ayat-ayat Al-Qur’an pada Siswa Kelas IV MI Datuk Sulaiman. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 57-70. https://doi.org/10.58230/27454312.158

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'