Responsibility Guru Pendidik Agama Islam di Sekolah Luar Biasa

  • Mariska IAIN Palopo
  • Muhaemin IAIN Palopo
  • Firman IAIN Palopo
Keywords: Responsibility, Guri PAI, SLBN Palopo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan tentang metode penanaman pendidikan agama Islam di SLB Negeri 1 Palopo, 2. Menemukan kendala dalam menanamkan pendidikan agama Islam di SLB Negeri 1 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.  Pemeriksaan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara perpanjangan, keikutsertaan, ketekunan, pengamatan melalui wawancara atau diskusi, dan pengamatan secara langsung. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dalam analisis data peneliti menggunakan teori Seiddel yakni Mencatat hasil data dari lapangan, Mengumpulkan, dan Berfikir tentang keterkaitan data yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Guru Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri I Palopo menggunakan pendekatan persuasif. Pembinaan ini dilakukan dengan kondisi peserta didik, adapun strategi yang digunakan yaitu strategi pengajaran kooperatif, modifikasi tingkah laku dengan metode maternal reflektif (MMR) dan ceramah.  Materi yang diajarkan meliputi pembinaan iman (seperti pengenalan rukun iman), ibadah (tata cara wudhlu, shalat berjamaah), dan akhlak (bertingkah laku dengan teman, guru dan orang tua)., 2. faktor penghambat pembinaan agama Islam di SLB Negeri I Palopo adalah kemampuan dan karakter anak yang tidak sama, dan guru yang kurang., adapun kendala lain yaitu penggunaan mushallah sebagai pusat pembinaan belum maksimal karena dalam tahap perbaikan.  Selain itu minimnya alat peraga menjadi  satu penghambat dalam memberikan materi kepada peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

A.M. Sardiman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 24; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018.

Burhani, Guru Tunarungu di SLB Negeri 1 Palopoo, wawancara di SLB Negeri 1 Palopo.

Firman, F., Kaso, N., Arifuddin, A., Mirnawati, M., Ilham, D., & Karim, A. R. (2021). Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2146-2158.

Firman, F. (2021). Integrasi Keilmuan dan Rekonstruksi Bahan Ajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Hariati, Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Palopoo, wawancara pada di SLB Negeri 1 Palopo.

J. Moleong. Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. xxxviii; Remaja Rosdakarya, 2018.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Nuralam, Guru Agama di SLB Negeri 1 Palopoo, wawancara di SLB Negeri 1 Palopo.

Purwanto. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

Sidiq. Umar, Etika dan Profesi Keguruan. Tulung Agung; STAI Muhammadiyah Tulungangung, 2018.

Sukirman, S., Firman, F., & Ilham, D. (2021). The Role of the Taklim Council in the Development of Islamic Education. Journal of Indonesian Islamic Studies, 1(1), 9-27.

Published
01-11-2021
How to Cite
Mariska, Muhaemin, & Firman. (2021). Responsibility Guru Pendidik Agama Islam di Sekolah Luar Biasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 251-258. https://doi.org/10.58230/27454312.118