Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian dan pengembangan LKPD berbasis game ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD di Yayasan Qothrun Nada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Game Pada Materi Keadaan Cuaca yang digunakan dalam LKPD. Peneltian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Data penelitian dihimpun menggunakan angket validasi ahli desain, materi, soal, angket guru dan siswa. Serta hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh 94,44 (kategori sangat valid), penilaian oleh ahli media di peroleh 93,33 (kategori sangat valid) sedangkan penilaian instrumen soal dieproleh 93,33 (kategori sangat valid). Penilaian oleh siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 99,15 (kategori sangat baik), penilaian oleh guru di peroleh rata-rata 93,33 (kategori sangat baik). Penggunaan produk LKPD hasil pengembangan dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar yang signifikan dari 37,27 menjadi 87,27 (selisih sebesar 50). Media pembelajaran cetak LKPD dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar yang digunakan. LKPD berbasis game ini dapat membantu siswa agar lebih tertarik dengan pembelajaran sehingga dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa
Metrics
References
Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32. ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2856%0D
Bayu, J. jayadinata, & DKK, A. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 106–123. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613
Darmadi. (2020). Asiknya Belajar Sambil Bermain. GuePedia.
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Ibda, H. D. (2023). Media Game Digital SD/MI Berbasis Karakter. Mata Kata Inspirasi.
Mardianto, Sipahutar, M. G., Suhardi, & Nirwana. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Jurnal ITTIHAD, V(1), 12–22.
Najib, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 26–40.
Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108
Rasyid, A., Lubis, R., Ananda, R., Dahlan, Z., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Aload dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa MIS Darul Yunus. Jurnal Kependidikan, 13(1), 615–624.
Rasyidah, N., & Rambe, R. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Jeumpa, 9(2), 739–747. https://doi.org/10.33059/jj.v9i2.6384
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. 5(5), 4334–4339.
Sakara, E., Syahfitri, F., Azzahra, L. L., & Pane, M. (2023). Pendekatan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPA di MIS. On Education, 05(03), 5826–5832.
Sapitri, Rapika, D., Syaukani, & Ananda, R. (2021). Pengembangan LKPD Matriks Berbasis HOTS untuk Siswa Kelas XI SMAN 2 Tanah Putih. Relevan:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 259–269.
Saringatun, M. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Pradina Pustaka.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. ALFABETA.
Tanti, jumaisyaroh S. N. M. Y. (2022). Pengaruh Gi dan probkem posing terhadap kemampuan pemecahan masakah dan kemampuan berpikir kkritis siswa. 2, 678–682.
Wandini, R. R. (2019). Permainan Ular Tangga dan Kartu Pintar Pada Materi Bangun Datar. VIII(1).
Widianti, A. Y., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Maze Chase-. 8(2), 617–626.
Copyright (c) 2024 Ayu Ramadhani, Aufa Aufa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.