Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Pada Materi Tata Surya
Abstract
The research aims to determine: 1) The average learning outcomes of the control class; 2) Average experimental class learning outcomes; 3) The difference in the average learning outcomes of the control class and the experimental class. Experimental research method, with a quasi experiment with a one group pre-test and post-test design. Sampling used purposive sampling. Data collection techniques and tools use measurement techniques in the form of learning outcomes tests. Data analysis uses descriptive and inferential analysis. The research results show: 1) The average learning outcome for the control class is 72.93 in the good category. 2) The average learning result for the experimental class was 79.87 in the very good category. 3) The difference in the average learning outcomes of the control class and the experimental class using the t-test statistical test, namely Separated Variance, obtained tcount = 5.932 and ttable = 2.064 with a significance level of 0.05. So it can be concluded that there is a difference in the average learning outcomes of the control class and the experimental class.
Metrics
References
Akuba, dkk. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIMPS. Vol 8, No 3.
Budiyanto, A. K. (2016). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Febiharsa, D., & Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Chilhood Education (J-SECE). 1(1): 75–84.
Haryadi, dkk. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Attalim. Vol. 2– No. 1, 104-113.
Harsiwi, dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. vol. 4 no. 4. 775-1467.
Haidir, dkk. 2021. Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 9, No 1.
Iskandar, S. M. (2004). Ilmu Pendidikan Alam. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kartini, dkk. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks vol 3 no 2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surachmad, W. (2003). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Tekhnik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Panjaitan, dkk. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Vol 4, No 2.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Alquran. Jurnal Diklat Teknis. 6(2): 97–117.
Rahmattullah, Muhammad. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPN 6 Banjarmasin). No 1 Vol 1412-565X.
Sarin, dkk. 2023. Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Juni : Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa. vol. 1 no. 3.
Wamiliana, Kurniasari, D., & Nugraha, J. S. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Surya dan Exoplanet dengan Menggunakan Unity untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Komputasi. 1(1): 47–57.
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Suparmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.