Pengembangan Alat Evaluasi Quizizz Untuk Mengungkap Personal Branding Mahasiswa Tata Kecantikan Menuju Dunia Kerja
Abstract
Berdasar pengamatan belum seluruh mahasiswa melakukan keaktifan diluar kampus, masih banyak yang kegiatannya hanya mengikuti perkuliahan. Terkait dengan hal tersebut maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan seluruh potensi dirinya secara kognitif, afektif, dan psikomotorik yang menekankan pada kemampuan untuk berpikir kritis,kreatif dan inovatif, keterampilan komunikasi dan kolaborasi, keterampilan memecahkan masalah yang mampu menghubungkan ilmunya dengan dunia nyata, serta menguasai teknologi informasi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa tata kecantikan/rias memahami kemampuan, potensinya serta upaya yang dilakukan untuk membangun personal branding dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang kompetitif sebagai penyedia jasa kecantikan atau sebagai calon guru SMK. Hasil penelitian pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi Quizizz untuk mengungkap personal branding mahasiswa Program Studi Tata Kecantikan dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja diperoleh nilai rata-rata 88,06%, termasuk dalam kategori tinggi berdasar indikator authenticity, relevan dan konsisten . Tingkat keefektivan alat evaluasi berbasis Aplikasi Quizizz diperoleh berdasar tanggapan terhadap penggunaan aplikasi yang diperoleh rata-rata 86,5% termasuk dalam kategori tinggi berdasar indikator penyajian, desain isi, kemudahan dan kelayakan Quizizz.
Metrics
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Gonzalez, A. (2007). Cosmetology. Global Media.
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Jurnal Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124.
Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206–219.
Huei, L. S., Yunus, M. M., & Hashim, H. (2021). Strategy to improve english vocabulary achievement during COVID-19 epidemic. Does quizizz help? Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 135–142. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.135.142
Huong, N. T. (2022). Using Quizizz application to enhance students’ motivation and engagement in online learning in response to Covid pandemic. Journal of Science and Technology - HaUI, 58(6), 96–102. https://doi.org/10.57001/huih5804.77
Jin, P., Antonio, W., & Son, S. (2020). Social Media as a Personal Branding Tool: A Qualitative Study of Student-Athletes’ Perceptions and Behaviors. Journal of Athlete Development and Experience, 2(1).
Junior, J. B. B. (2020). Assessment For Learning With Mobile Apps: Exploring The Potential Of Quizizz In The Educational Context. International Journal of Development Research, 10(01), 33366–33371.
Kadiyono, A. L. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4).
Karaca-Atik, A., Meeuwisse, M., Gorgievski, M., & Smeets, G. (2023). Uncovering important 21st-century skills for sustainable career development of social sciences graduates: A systematic review. Educational Research Review, 39(August 2022). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100528
Khedher, M. (2019). Conceptualizing and researching personal branding effects on the employability. Journal of Brand Management, 26(2), 99–109. https://doi.org/10.1057/s41262-018-0117-1
Kurnia, L. D., Haryati, S., & Linda, R. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.
Lauder, H., & Mayhew, K. (2020). Higher education and the labour market: an introduction. Oxford Review of Education, 46(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03054985.2019.1699714
Minor-Cooley, D., & Parks-Yancy, R. (2020). The Power of the Brand: Personal Branding and Its Effect on Job Seeking Attributes. Journal of Internet Commerce.
Peters, T. (1997). The Brand Called You. In fastcompany.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Zabojnik, R. (2018). Personal Branding and Marketing Strategis. European Journal of Science and Theology, 14(6), 159–169.
Copyright (c) 2024 Trisnani widowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.