Pengaruh Hasil Latihan Tembakan Jarak Berpindah dan Jarak Bertahap Terhadap Hasil Tembakan Bebas Satu Tangan dari Atas Kepala dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Palopo

  • Amir MTs Negeri Palopo
Keywords: Latihan Tembakan, Jarak Berpindah, Permainan Bola Basket

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan menembak dengan perubahan jarak secara bertahap dan latihan dalam meningkatkan hasil lemparan bebas atas satu tangan pada permainan bola basket, serta untuk mengetahui mana yang lebih besar pengaruhnya: latihan menembak atau perubahan bertahap dalam jarak. Tingkatkan kinerja lemparan bebas overhead satu tangan Anda dalam permainan bola basket dengan menembak pada jarak bergerak dan berlatih dengan satu tangan. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen, dengan memilih 40 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penentuan sampel kelas kontrol dan eksperimen harus memperhatikan kesamaan karakter siswa dilihat dari aspek tingkatan dan jenis kelamin yang sama. Penelitian ini memiliki dua variabel bebas yaitu latihan tembakan bebas dengan jarak bertahap dan latihan tembakan bebas dengan jarak berpindah. Adapun variabel terikatnya yaitu hasil  tembakan  bebas  satu tangan dari atas kepala. Data diperoleh melalui hasil observasi 10 kali tembakan dari setiap siswa dan dicatat banyaknya yang berhasil masuk ke dalam basket. Tahap pelaksanaan penilitian ini meliputi , tes awal, tenaga pembantu, dan tes akhir. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan menganlisis hasil observasi dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) tembakan satu tangan dari atas kepala  dengan  pembahan  jarak  secara  bertahap  dan  latihan  perubahan jarak berpindah terhadap peningkatan hasil tembakan bebas satu tangan dari atas kepala dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII MTs Negeri Palopo, dan 2) Latihan tembak dengan perubahan jarak yang bertahap lebih unggul dari latihan tembak dengan perubahan jarak secara bertahap.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Amir, MTs Negeri Palopo

 

 

References

Anugrarista, E., & Riswandi, N. (2021). Teknik dan Pembelajaran dalam Permainan Bola Basket. Media Sains Indonesia.

Blegur, J. (2019). Permainan kecil: Teori dan aplikasi.

Dinata, W. W., & Lismadiana, L. (2019). Pengaruh Latihan Medicine Ball dan Koordinasi terhadap Kemampuan Passing Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket. Sporta Saintika, 4(1), 21–40.

Fatahillah, A. (2018). Hubungan kelincahan dengan kemampuan dribbling pada siswa ekstrakurikuler bola basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 11–20.

Febri, S. D., & Syahrastani, S. (2022). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Shooting Bolabasket Klub Roembay River City (RRC) Kabupaten Dharmasraya. Jurnal JPDO, 5(6), 19–23.

Hanafiah, M. A., Martiani, M., & Dewi, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar pada Permainan Bola Basket Siswa SMP. Edukatif: jurnal Ilmu pendidikan, 3(6), 5213–5219.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Hidayat, Y., & Dinata, W. W. (2020). Tinjauan Teknik Dasar Pada Atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang. Jurnal Stamina, 3(6), 335–342.

Iqbal, M., Muryadi, A. D., & Dwijayanti, K. (2021). Perbedaan pengaruh latihan one hand set shoot dan two hand set shoot terhadap tembakan bebas (free throw) dalam permainan bola basket pada atlet balka club tahun 2020. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 7(2), 57–71.

Kusuma, D. W. C. W. (2018). Pengaruh Model Latihan Run Rinjani Terhadap Hasil Under Basket Shoot Pada TIM Bola Basket Putra IKIP Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(3).

Munir, A., Wahyudi, A. N., & Prayoga, A. S. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 68–73.

Reswari, A. (2021). Efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29.

Sitepu, I. D. (2018). Manfaat permainan bola basket untuk anak usia dini. Jurnal Prestasi, 2(3), 27–33.

Sumardi, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resiprokal Dengan Media Bola Cabang Olahraga Permainan Bola Basket Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 21 Surabaya. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 140–150.

Umniyah, Z. N., Mulyana, D., & Novian, G. (2020). Pengaruh Modifikasi Tinggi Ring Basket Terhadap Peningkatan Teknik Tembakan Bebas (Free-Throw Shoot) Dalam Permainan Bola Basket. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(02), 218–226.

Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51–55.

Published
01-02-2023
How to Cite
Amir. (2023). Pengaruh Hasil Latihan Tembakan Jarak Berpindah dan Jarak Bertahap Terhadap Hasil Tembakan Bebas Satu Tangan dari Atas Kepala dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 35-42. https://doi.org/10.58230/27454312.178