Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran dalam bentuk komik yang mengangkat cerita rakyat Pulau Simardan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur cerita rakyat. Masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya efektivitas bahan ajar konvensional dalam meningkatkan pemahaman siswa serta kurangnya bahan ajar yang menarik dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang meliputi tiga tahap yaitu mendefinisikan, merancang, dan mengembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan, dan dilanjutkan dengan uji coba lapangan pada siswa kelas IV MIT Al-Barokah Tanjungbalai. Temuan penelitian menegaskan bahwa bahan ajar ini sangat layak dan relevan untuk diimplementasikan dalam proses pembelaran. Validasi ahli materi mendapatkan nilai persentase 89%, menunjukkan keakuratan informasi dan relevansi dengan kurikulum. Validasi ahli media mendapatkan nilai persentase 80%, menunjukkan kelayakan desain visual dengan beberapa saran peningkatan. Validasi praktisi pendidikan (guru) mendapatkan nilai persentase 98%, menunjukkan kesesuaian dan efektivitas tinggi dalam pembelajaran sehari-hari. Respon siswa mendapatkan nilai persentase 91%, menunjukkan bahwa bahan ajar komik ini menarik, menyenangkan, dan membantu mereka memahami struktur cerita rakyat dengan lebih mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis komik cerita rakyat Pulau Simardan terbukti efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu bahan ajar ini juga dapat menjadi acuan pengembangan produk kedepannya.
Metrics
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Adnyaswari, K. M., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. (2022). Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android pada Topik Perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 197–207. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.47208
Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134
Anggara, A. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Berbasis Komik Untuk Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Rejang Lebong. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 210–222.
Arifin, H. (n.d.). Simardan Anak Durhaka. Perpustakaan Umum Kota Tanjungbalai.
Arimbi, E. P. A., & Sukartiningsih, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Dongeng Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD. Jpgsd, 9(10), 3492–3503.
Asip, M., Lestari, T. L., Maisura, Julianti, Apreasta, L., Setyaningsih, D., K., E. R., Devianty, R., Juliana, Mutia, I., & Sitanggang, R. P. (2022). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Media Sains Indonesia.
Asyikin, N., & Sapri. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIS Mutiara Sei Mencirim. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 657–665. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2382
Damanik, N. N., Rasyidah, & Rambe, R. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Jeumpa, 9(2), 739–747. https://doi.org/10.33059/jj.v9i2.6384
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Hasanah, F., Purnamasari, R., & Lathifaf, S. S. (2023). Pengembangan Bahab Ajar Komik Berbasis Webtoon Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang Kelas III. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 1273–1281.
Hendrawan, M. R., Nasution, W. N., & Lubis, M. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Android di Kelas IX. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 596–604.
Mardianto, Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.56
Mufarikha, & Darihastining, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 1(2), 30–53. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa.
Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497
Salimi, I., Muktadir, A., & Susanta, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Cerita Rakyat Menggunakan Aplikasi Canva dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. 2(2), 419–429.
Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi. Jurnal Magistra, 12(1), 59. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377
Copyright (c) 2024 Izzatunnisa, Rina Devianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.