Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, 1) Menghasilkan media scrapbook materi sistem pencernaan manusia Kelas V, 2) Menguji kelayakan media scrapbook yang dihasilkan, 3) Memahami respon siswa pada media dihasilkan. Penelitian ini yakni penelitian pengembangan. Model pengembangan dipakai didalam penelitian ini yakni model pengembangan model ADDIE dimana sudah disederhanakan yakni tahap analisis, desain, dan pengembangan. Menurut temuan studi tentang pembuatan media scrapbook untuk pendidikan ilmiah, media yang dibuat telah divalidasi oleh spesialis bahasa dan desain serta validasi materi. Persentase hasil validasi ahli bahasa rata-rata pada validasi pertama adalah 97%, dan hasil rata-rata gabungan dari kedua validasi adalah 91,42%, termasuk dalam kategori “Sangat cocok untuk digunakan” dan selanjutnya validasi ahli design dengan validasi kedua memperoleh persentase sebanyak 92%. Penerimaan siswa terhadap media pembelajaran juga ditunjukkan oleh jawaban mereka terhadap survei respons peneliti dengan hasil angket mencapai 95%.
Metrics
References
Asih Pratitis Kusumaning, Shanty Hawanti, Okto Wijayanti. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan membaca. ndonesian Journal Of Primary Education. Vol. 4, No. 1. 87-100
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Damayanti, M. & Ulhaq Z. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 5, No. 3, pp. 803-812
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006
Septiani, U. R. 2020. Kelayakan Scrapbook Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati ndonesia. Jurnal Biologi dan Kependidikan Biologi, 53-55.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Aria Indah. 2021. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Managemen
Sundari, F. L. (2016). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Kasti Di Sd N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. 147(March), 11–40.
Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. 2014 Metodologi pembelajran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Copyright (c) 2024 Emelda Saputri, Laili Rahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.