Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfall di TPQ Sidiq Al-Musirun

  • Heni Candra Kirana Universitas Ngudi Waluyo Semarang, Indonesia
  • Iwan Setiawan Wibisono Universitas Ngudi Waluyo Semarang, Indonesia
Keywords: Hijaiyah, Tajwid, Model Waterfall, Android

Abstract

Huruf hijaiyah merupakan huruf-huruf arab yang terhimpun menjadi satu sehingga memiliki makna tertentu dan berguna untuk melatih ejaan membaca menulis Al Qur'an. Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari kaidah serta cara-cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah merancang Aplikasi Belajar Mengaji Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid melalui suatu alat komunikasi yang disebut smartphone. Alat komunikasi ini dapat membantu orang yang ingin belajar huruf hijaiyah dan hukum tajwid karena dapat dibawa kemana saja. Pada aplikasi ini pengguna akan belajar pengenalan huruf hijaiyah berharokat fathah, kasrah dan dhommah. Selain itu, pengguna akan belajar cara membaca Al Qur'an yang benar dengan hukum tajwid seperti hukum bacaan mad thabi'i, mad far'i, ikhfa' syafawi, idgham mitslain, izhar syafawi, gunnah mim tasydid, gunnah nun tasydid, izhar, idgham, iqlab, dan ikhfa'. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara menarik dan terdapat kuis untuk evaluasi pembelajaran. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall. Hasil dari rancangan sistem pada penulisan skripsi ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android, dimana terdapat beberapa menu yang memberikan pembelajaran ilmu tajwid. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode pengujian black-box yang berfokus pada persyaratan functional suitability perangkat lunak dan kuesioner yang berfokus pada persyaratan usability perangkat lunak. Setelah dilakukan pengujian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara functional suitability dan usability sistem aplikasi ini sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan.

Kata Kunci: Hijaiyah, Tajwid, Model Waterfall, Android

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amin, M., Sidik, A. P., & Kembaren, B. (2022). Media Pembelajaran Iqra' yang Baik dan Benar Berbasis Android. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 419-423.

Anggraini, A. N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Rancang Bangun Game 2D "Finding Tajwid" dengan Metode FInite State Mechine Menggunakan Software Unity Hub. Jurnal Teknologi Informasi, 88-93.

Nofa, W. K., Hapsari, D. A., & Putri, S. P. (2023). Aplikasi Pembelaajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik, 11-19.

Prasetyo, F., Dendi, A., Nur, J., & Adam, F. (2020). Penerapan Aplikasi Android Pengenalan Huruf Hiajiyah Metode Waterfall pada Paud Al Fina. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komunikasi), 412-419.

Rachmanto, A. D., Ayuningsih, N., & Hernawati. (2021). Perancangan Aplikasi Belajar Mengaji Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10-19.

Riyanto, A. (2022). Rancangan Aplikasi Mengaji untuk Siswa Berbasis Android SDN Lemahtamba 1. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 43-49.

Siregar, N. R., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 45-50.

Tullusstya, T., & Dani. (2023). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android (Studi Kasus: TK Islam Nur Arief). Jurnal Ilmu Komputer, Teknik dan Multimedia, 702-710.

Yunita, P., Hayatullah, K., & Nahmudin, A. M. (2021). Aplikasi Tajwid Berbasis Android. Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, 30-37.

Zohrahayaty. (2019). Karakteristik Penelitian Ilmu Komputer. Sleman: DEEPUBLISH.

Published
27-11-2023
How to Cite
Heni Candra Kirana, & Iwan Setiawan Wibisono. (2023). Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfall di TPQ Sidiq Al-Musirun. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 773-792. https://doi.org/10.58230/27454312.308