Interaktivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Interaktivitas pembelajaran di masa pandemi covid 19 dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap Interaktivitas dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 di SD Islam Datok Sulaiman Kota Palopo. Desain penelitian kualitatif, penelitian ini berusaha menguraikan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Interaktivitas pembelajaran di masa pandemic di SD Islam Datok Sulaiman Kota Palopo; 1) Metode Pembelajaran, hal ini menjadi sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran, tidak tercapainya sebuah tujuan pembelajaran diakibatkan kurangnya metode pembelajaran yang strategis dalam transformasi pengetahuan kepada siswa. 2) Kedua Pemahaman Terhadap Materi, pemahaman materi siswa adalah kunci idealnya kualitas interaksi atau Interaktivitas guru dan murid. 3) Ketiga, Orang Tua, yang merupakan guru pertama saat ini (Situasi pandemic Covid 19) dirumah, pendisiplinan siswa adalah tugas utama orang tua saat ini. 4) Lingkungan adalah baik dan buruknya lingkungan seorang murid akan membentuk sikap dan perhatian murid terhadap sebuah pembelajaran.
Metrics
References
Allan. J. Henderson, The E-learning Question and Answer Book, (USA: Amacom, 2003).
Arifin. Zainal, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).
Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).
Arnesi. Novita Dan Abdul Hamid K, “Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris”, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015.
Asriyanti. Sri, Pengelolaan Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid 19 Di SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru (Salatiga: IAIN Salatiga, 2020).
Babanski. A., “Towards a Characterization of Interactivity in Visual Analytics”, Journal of Multimedia Processing and Technologies, Vol. 3. No. 1 2012. https:// wikipedia.org/wiki/Interactivity (Diakses 29 Oktober 2020).
Dali. Muhammad, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, (Grobogan : CV Sarnu Untung, 2020).
Djamarah. Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Epriliyanti. Yashintia Arien, “Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Menggunakan Regresi Probit Biner (Studi Kasus: Mahasiswa ITS Masa Pandemi COVID-19)” Jurnal Inferensi, Vol.3 No. 2 September 2020. https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi/article/view/7714/5043
Green. T.D. & A. Brown, Multimedia Project In The Classroom, (California, Corwin Press, INC. 2002).
Kuswandi. Wawan, Komunikasi Massa Analisis Interaktif Budaya Massa, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009).
Mulyasana. Dedi, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).
Moleong. Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2009).
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. “The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students”, Dalam Jurnal Wahyu Aji Fatma Dewi, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 1April 2020.
Purnama. Bambang Eka, Konsep Dasar Multimedia, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013).
Pratiwi. Ericha Windhiyana, “The Impact of Covid-19 on Online Learning Activities of a ChristianUniversity in Indonesia”, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 34 Issue 1 April 2020.(Online)Tersedia:http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921/8585 http://doi.org/10.21009/PIP.341.1 (Diakses : 29 Oktober 2020).
Rosali. Ely Setiyasih “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Covid 19 Di Jurusan Pendidikan Geografi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya”, Jurnal GEOSEE, Vol. 1, No. 1, http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/indes (diakses pada 29 November 2020).
Sanjaya. Ridwan, Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat, (Semarang: Unika, 2020).
Sardiman, Interaksi dan motivasi belajar-mengajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa, 2010).
Siregar. Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014).
Suharsaputra. Uhar, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Tindakan , (Bandung:PT Refika Aditama, 2012).
Suyanto dan Asep Jiha, Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, (Jakarta: Erlangga, 2013).
Utami. Yuliza Putri dan Derius Alan Dheri Cahyono, “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Padaproses Pembelajaran Daring”, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik Vol. 1, No. 1, Juni 2020.
Yusuf. A. Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Kencana, 2014).
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.